Loading...

Kapan Hari Raya Idul Fitri ditentukan?

                             Alhamdulillah, hampir satu bulan kita sudah menjalankan puasa, namun hari yang di tunggu pun juga akan tiba ...

         


                   Alhamdulillah, hampir satu bulan kita sudah menjalankan puasa, namun hari yang di tunggu pun juga akan tiba yaitu Hari Raya Idul Fitri, banyak orang yang sudah kembali ke kampung halamannya sejak beberapa minggu sebelum hari H, namun banyak juga yang masyarakat menunggu hingga tingga beberapa hari sebelum menunggu hari H, namun di antara mereka masih simpang siur terhadap kapan hari raya di tentukan tepatnya. hem... tiap hari saya melihat berita namun hasil yang pasti belum ditentukan, salah satu yang saya temukan adalah berita di Vivanews, Sebagai berikut :



VIVAnews - Kementerian Agama masih menunggu hasil pemantauan tinggi hilal dari sekitar 95 titik lokasi yang ada di seluruh Indonesia, menjelang malam ini. Hal ini untuk menentukan jatuhnya hari raya 1 Syawal 1432 Hijriah.


Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ahmad Jauhari, menjelaskan sebelum sidang isbath digelar, mereka masih menunggu hasil pemantuan hilal itu. Pemantauan dibagi dua, di 80 titik dilakukan Kementerian Agama, dan 15 titik lainnya oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).


"Sore hari ini akan mulai masuk laporannya. Kementerian Agama cenderung hari raya akan jatuh pada hari Rabu, 31 Agustus 2011," ujar Ahmad Jauhari, Minggu, 29 Agustus 2011.


Dijelaskan Jauhari, dari hasil penghitungan 22 sistem istiqmal dan tinggi hilal, hanya ada enam sistem yang memastikan 1 Syawal akan jatuh pada hari Selasa, atau yang menyatakan kalau tinggi hilal sudah di atas 2 derajat.


Sementera itu, sejumlah negara di Asia seperti Malaysia, Brunai, dan singapura, hari ini juga belum bisa memprediksi tinggi hilai di atas 2 derajat.


"Tapi Kementerian Agama akan memakai penghitungan dari MUI dan NU," ujarnya.


Kementerian Agama akan menentukan dengan cara NU, yakni menggunakan rukyah atau dengan cara melihat langsung dengan mata telanjang. Ini berarti minimal tinggi hilal harus berada pada posisi 2 derajat lebih.


Jika saat ini posisi hilal berada pada 1 derajat lebih 55 menit dapat dipastikan Senin petang ini, bulan belum dapat disaksikan secara langsung.


Keputusan malam ini akan menentukan bahwa Ramadhan bisa saja disempurnakan pada 30 hari, atau disebut istiqmal, dan menetapkan hari Rabu hari raya.


Namun, meskipun ada kemungkinan berbeda, keputusan pemerintah akan menjadi solusi perbedaan itu. Keinginan pemerintah adalah ketika sudah ditentukan, maka semua masyarakat akan mengikuti keputusan itu. Selama ini, memang tak ada masalah meskipun dalam pelaksanaan hari raya ada keyakinan berbeda.
• VIVAnews

hemm..... kapanpun hari raya akan tiba itu tidak masalah, karena bagi kita hati yang bersih adalah merupakan kunci utama
cukup sekian tulisan saya yang agak acak acakan, harap maklum karena saya cuma pemula dalam soal menulis  :D


Atas nama saya dan keluarga saya mengucapkan Minalaidzinwalfaidzin mohon maaf lahir dan batin

TTD

Ardha Herdianto





Sekedar Info 5999123515246791756

Post a Comment

Bekomentarlah dengan baik, penulis akan menghapus komentar jika
1. Menyantumkan Link di dalam kotak komentar
2. Tidak sesuai Isi
3. SPAMMING

emo-but-icon

Home item