Loading...

Essay Materi Ospek Teknik Informatika

TEKNIK INFORMATIKA Teknik Informatika (TF) memiliki empat laboratorium pembelajaran, yaitu Lab Bah...


TEKNIK INFORMATIKA

Teknik Informatika (TF) memiliki empat laboratorium pembelajaran, yaitu Lab Bahasa Pemograman, Lab Jaringan Komputer, Lab Multimedia, dan Lab Database. Rencana pengadaan tambahan komputer di setiap laboratorium masih dalam proses perealisasian karena harus melalui tahap-tahap proses untuk mencapainya.
“Memang alat-alat waktunya peremajaan karena itu investasi dari tahun 2003 dan penambahan laboratorium baru tapi anggaran belum memungkinkan untuk itu karena dalam waktu dekat ini alokasinya masih dipergunakan untuk laboratorium terpadu”, jelas Basuki Rahmat selaku Kajur Teknik Informatika saat ditanya mengenai penambahan komputer di laboratorium TF. Laboratorium terpadu sendiri adalah laboratorium skala universitas yang semua mahasiswa dapat menggunakan dan nantinya sebagian dari laboratorium teknik informatika yang ditempatkan disana. “Jadi, untuk pengembangan dan perbaikan laboratorium harus lebih bersabar tapi tetap diupayakan dari dana rutin dalam pengadaan barang”, tambahnya.
“Iuran IKOMA (Ikatan Orang tua Mahasiswa) memang ada dan sudah banyak membantu FTI tapi belum sampai untuk perbaikan laboratorium TF karena masih banyak program-program lain. Termasuk di alokasikan dan terfokus untuk pembuatan laboratorium terpadu di depan gedung TF”, jelas dekan FTI Sutiyono.
“Harapan kedepannya tidak muluk-muluk hanya minta diperbarui menjadi yang lebih baik dari sekarang,” jawab Dudi heriyanto selaku asisten praktikum saat di tanyai mengenai harapan kedepan untuk laboratorium.
Kerjasama baru bagi FTI dengan adanya program baru yaitu networking security hasil kerja sama dengan forsek Malaysia adalah professional IT dibidang keamanan jaringan. Dalam jangka pendek program ini akan tergabung dalam kurikulum mata kuliah pengamanan jaringan. Bila mahasiswa lulus dalam mata kuliah tersebut akan ada kesempatan mengikuti tes sertifikasi internasional. Dalam jangka panjang tes tersebut dapat digunakan untuk menangani kepolisian dan bank. Untuk sertifikasi dikampus dan untuk menunjang itu semua harus ada laboratorium yang memadai. Laboratorium untuk sertivikasi pembangunan ini dianggarkan paling tidak terselesaikan hingga 2012.

 UPN Veteran Jawa Timur sebagai Kampus Bela Negara
Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Sebagai Kampus Bela Negara diharapkan akan mampu menghasilkan lulusan sarjana Pionir Pembanguan yang selalu siap mempertahankan NKRI, Pancasila dan UUD 1945 dimanapun dan kapanpun berkerja.

Nilai-Nilai Bela NegaraCinta Tanah Air Republik Indonesia, mengenal dan mencintai wilayah nasional, selalu waspada, siap membela NKRI terhadap segala bentuk ancaman.
  1. Kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, selalu membina kerukunan, persatuan dan kesatuan, selalu mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan, memahami lambang negara, lagu kebangsaan dan mentaati seluruh perundang-undangan yang berlaku.
  2. Meyakini kebenaran Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara.
  3. Rela berkorban bagi bangsa dan negara
  4. Memiliki kemampuan awal Bela Negara

Sebagai Perguruan Tinggi di bawah pembinaan Kementrian Pertahanan UPN Veteran Jawa Timur telah dideklarasikan sebagai Kampus Bela Negara (KBN) yang pertama dan mempunyai peran dan fungsi strategis dalam menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kejuangan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pasal 27 ayart 3 UUD 1945 menyebutkan “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

Kampus Bela Negara adalah salah satu wujud implementasi dari Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 tersebut dalam bentuk sistem pertahanan negara untuk menghadapi ancanam non militer. Salah satu bentuk aktual secara umum adalah Pendidikan Bela Negara berupa kegiatan intrakurikuler Mata Kuliah Pembentukan Kepribadian yaitu Pancasila, Pendidikan Kewarganegraan, Bahasa Indonesia dan Widya Mwat Yasa serta kegiatan ektrakurikuler Unit Kegiatan Mahasiswa seperti Resiman Mahasiswa, Mahasiswa Pecinta Alam, Pramuka, Bela Diri Tradisional, Seni Tari Tradisional dan Olah Raga.

Secara khusus di UPN Veteran Jawa Timur sedang dirintis Program Studi Bela Negara sebagai suatu wujud nyata menjadi bagian dari Universitas Pertahanan dengan status Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah pembinaan Kemetrian Pertahanan.


Sebuah motivasi dari burung Elang
Elang merupakan jenis unggas yang mempunyai umur paling panjang didunia. Umurnya dapat mencapai 70 tahun. Tetapi untuk mencapai umur sepanjang itu seekor elang harus membuat suatu keputusan yang sangat berat pada umurnya yang ke 40. Ketika elang berumur 40 tahun, cakarnya mulai menua, paruhnya menjadi panjang dan membengkok hingga hampir menyentuh dadanya. Sayapnya menjadi sangat berat karena bulunya telah tumbuh lebat dan tebal, sehingga sangat menyulitkan waktu terbang.
Pada saat itu, elang hanya mempunyai dua pilihan: Menunggu kematian, atau Mengalami suatu proses transformasi yang sangat menyakitkan - suatu proses transformasi yang panjang selama 150 hari. Untuk melakukan transformasi itu, elang harus berusaha keras terbang keatas puncak gunung untuk kemudian membuat sarang ditepi jurang , berhenti dan tinggal disana selama proses transformasi berlangsung. Pertama-tama, elang harus mematukkan paruhnya pada batu karang sampai paruh tersebut terlepas dari mulutnya, kemudian berdiam beberapa lama menunggu tumbuhnya paruh baru. Dengan paruh yang baru tumbuh itu, ia harus mencabut satu persatu cakar-cakarnya dan ketika cakar yang baru sudah tumbuh, ia akan mencabut bulu badannya satu demi satu.
Suatu proses yang panjang dan menyakitkan. Lima bulan kemudian, bulu-bulu elang yang baru sudah tumbuh. Elang mulai dapat terbang kembali. Dengan paruh dan cakar baru, elang tersebut mulai menjalani 30 tahun kehidupan barunya dengan penuh energi!
... Sahabat, Dalam kehidupan kita ini, kadang kita juga harus melakukan suatu keputusan yang sangat berat untuk memulai sesuatu proses pembaharuan. Kita harus berani dan mau membuang semua kebiasaan lama yang mengikat, meskipun kebiasaan lama itu adalah sesuatu yang menyenangkan dan melenakan. Kita harus rela untuk meninggalkan perilaku lama kita agar kita dapat mulai terbang lagi menggapai tujuan yang lebih baik di masa depan. Hanya bila kita bersedia melepaskan beban lama, membuka diri untuk belajar hal-hal yang baru, kita baru mempunyai kesempatan untuk mengembangkan kemampuan kita yang terpendam, mengasah keahlian baru dan menatap masa depan dengan penuh keyakinan. Halangan terbesar untuk berubah terletak di dalam diri sendiri dan Andalah sang penguasa atas diri Anda. Jangan biarkan masa lalu menumpulkan asa dan melayukan semangat kita. Karena Anda adalah elang-elang itu. Perubahan pasti terjadi. Maka itu, kita harus berubah!

Lembaga Legislatif Mahasiswa Jurusan (LLMJ)

merupakan lembaga legislatif mahasiswa tingkat jurusan yang terdapat di setiap jurusan yang memiliki lembaga eksekutif berbentuk BEMJ. Penamaannya disesuaikan dengan kultur yang terdapat disetiap jurusan.



VERSI DOWNLOAD
Sekedar Info 7130877071488629552

Post a Comment

Bekomentarlah dengan baik, penulis akan menghapus komentar jika
1. Menyantumkan Link di dalam kotak komentar
2. Tidak sesuai Isi
3. SPAMMING

emo-but-icon

Home item