Loading...

Cara Sederhana Menghilangkan Dendam

Dendam  adalah suatu keinginan untuk membalas kejahatan. Dendam juga merupakan sifat buruk yang tida...

Dendam adalah suatu keinginan untuk membalas kejahatan. Dendam juga merupakan sifat buruk yang tidak boleh ada di dalam diri kita, apalagi sampai bersemayam dalam waktu lama. Mungkin meminta maaf adalah hal yang mudah, akan tetapi tak semudah memaafkan, apabila anda pernah merasa tersakiti oleh seseorang dan orang itu sudah Meminta maaf mungin tak semudah itu anda memaafkan, nah... disini kita akan membahas bagaimana cara agar kita bisa mmaafkan orang lain, sehingga tidak ada dendam, berikut tips-nya :

1. Temukan Sumber Dendam 
Kita semua pasti pernah mengalami disakiti seseorang yang pada akhirnya menimbulkan dendam. Hal yang biasanya dilakukan setelah disakiti adalah berpura-pura memaafkan. Hal tersebutlah yang membuat Anda selalu ingat pada kejadian menyakitkan yang tidak perlu kita ingat lagi. Cobalah untuk menemukan sumber dendam Anda dan temukan cara untuk benar-benar memaafkan orang yang telah menyakiti Anda, dan melupakan kejadian tersebut.

2. Sadari Pengaruh Buruk Dendam bagi Hidup Anda 
Dendam memiliki efek buruk bagi hidup Anda. Tidak hanya akan mempengaruhi kesehatan mental, dendam juga akan mempengaruhi kesehatan fisik Anda. Jika Anda telah menyadari efek buruknya, buat apa menahan dendam berlarut-larut?

3. Mengubah Hubungan Anda dengan Orang yang Telah Menyakiti Anda
Jika Anda telah memutuskan untuk memaafkan orang tersebut dan bermaksud untuk memperbaiki hubungan dengannya, maka sudah waktunya untuk berhenti melakukan perilaku agresif terhadapnya. Tetapi jika Anda menyadari bahwa perilaku orang tersebutlah yang menjadi sumber munculnya dendam, maka lebih baik Anda mulai menjaga jarak dari dirinya.

4. Tinggalkanlah Semua Dendam di Masa Lalu
Ketika Anda ingin melepaskan dendam, akan ada tuntutan dari hal tersebut untuk menguji niat itu. Anda akan diminta untuk mengubah sikap maupun cara bepikir, baik untuk memaafkan maupun melupakannya. Tetapi jika Anda meninggalkan semua dendam, menganggapnya sebagai sebuah kejadian di masa lalu dan tidak kembali mengingatnya, Anda akan dengan mudah melupakannya. 

5. Jangan Mengikuti Nafsu anda
Gantilah ruang dalam hatimu ubahlah "rasa dendam" menjadi rasa "kasih sayang". janganlah anda mengikuti nafsu emosi anda. tapi, usahakan anda akan tersenyum pada orang-orang yang membuat dendam kepadanya.

6. Pahami Diri Anda
Pahami dalam hati anda, mengapa anda demikian mendendam kepada seseorang?, Tanyakan pertanyaan itu pada hati anda, apakah ada maanfaatnya apabila dendam itu terus dipelihara, setelah anda memahami, anda akan tahu jawabannya, setelah itu tarik nafas panjang dan bayangkanlah anda sedang tersenyum pada seseorang yang membuat anda dendam.

7.Biarkan Waktu Yang Meghapusnya
Biarkan waktu yang menghapus, bila dendam itu tidak dapat terhapus dari diri anda. jalan keluarnya, biarkan saja, tidak perlu anda pikirkan. karena semua itu akan berlalu seiring dengan waktu.


Sekedar Info 3088038789704270152

Post a Comment

  1. terapkan rasa ikhlas saja agar hati tetap plong!
    kalau dendam terus, tidak akan pernah ada habisnya.

    ReplyDelete
  2. ow jadi gitu ya . . :D trims lagi buat tips nya, btw kbetulan juga lagi dendam nih :D

    ReplyDelete
  3. @paduan belajar
    tapi sekali tersakiti biasanya orang akan tetap ingat yang menyebabkan sakit hati, sehingga timbullah namanya dendam :)

    ReplyDelete
  4. @cyber20Surabaya

    dendam jangan lama lama mas, ndak baik buat kesehatan

    ReplyDelete
  5. tipsnya bagus banget nih, makasih sobat

    ReplyDelete
  6. Sama-sama sobat, Terima Kasih sudah mengunjungi blog saya

    ReplyDelete
  7. jujr saya orangnya pendendam bgt sobat....

    ReplyDelete
  8. wah.... jangan sobat, bisa jadi penyakit hati lho :D

    ReplyDelete
  9. Semoga tipsnya bermanfaat bagi orang yang memiliki sifat pendendam.

    ReplyDelete
  10. @Villa massilia
    Semoga saja berguna bagi kita semua :D

    ReplyDelete
  11. Kalau boleh nambahin sedikit ya Om disamping kiat-kiat yang baik diatas. Dengan menyibukkan diri dengan aktivitas yang padat rasa dendam akan hilang dengan sendirinya.
    Salam Kenal.

    ReplyDelete
  12. sippp,,,, bener banget tuh, perbanyak aktifitas, biar rasa dendam hilang ^_^

    ReplyDelete
  13. semoga saja istri g bisa menghapus dendam.kalo boleh g minta saran ke teman2.

    ReplyDelete
  14. ya betul hati yang sudah terluka maka luka itu akan membekas, apapun yang dilakukan, bekas akan sulit hilang, ibarat memori kenangan tidak akan hilang kecuali hilang ingatan, biar sekuat apapun orang itu mencoba untuk melupakan

    ReplyDelete

Bekomentarlah dengan baik, penulis akan menghapus komentar jika
1. Menyantumkan Link di dalam kotak komentar
2. Tidak sesuai Isi
3. SPAMMING

emo-but-icon

Home item