Loading...

Karapan Sapi di Madura

Kalau kita menoleh sedikit dari surabaya ke arah timur, kita akan melihat sebuah pulau yang tak ke...



Kalau kita menoleh sedikit dari surabaya ke arah timur, kita akan melihat sebuah pulau yang tak kecil, yaps, itulah madura, apabila kita wisata atau berkunjung kesana banyak sekali budaya yang kita dapat, karena budayanya terlalu banyak saya tidak akan menyebutkan satu per satu, namun kita ambil saja yang paling di kenal, yaitu Karapan Sapi, ada yang tidak tahu soal karapan sapi ? wah... terlalu oke, saya akan bahas disini, jika kita ke Madura kurang lengkap rasanya jika tidak mengenal sosok symbolis budaya yang dinamakan Karapan sapi ini, di Madura Karapan sapi sangat penting untuk dilestarikan karena menurut mereka itu adalah simbol daerah mereka yaitu Madura , 






tapi bukan itu saja, bukan cuma simbol ataupun legenda, tapi karapan sapi di Madura lebih sering di laksanakan sebagai ajang perlombaan, kalau saya melihat perlombaanya sangat seru, di situ sapi-sapi berlari sangat kencang. hal menarik yang membuat saya tertawa adalah ketika sapi sapi berlari dan pengemudinya jatuh, kadang terkena lumpur kadang terkena tanah hingga badan dan tubuh mereka kotor semua, bahkan ada juga sapi yang terpeleset, acaranya sangat menghibur bagi saya






Tahu sistem perlombaanya ? Perlombaanya adalah seperti kayu yang di bentuk sedemikian rupa hingga menyerupai kereta, tapi kereta ini bukan memakai mesin atau bensin melainkan di tarik oleh dua ekor sapi yang di ikat pada kereta itu, tak hanya itu sapi yang berlari tidak akan teratur tanpa adanya Joki Karapan sapi, joki yang dimaksud disini adalah orang yang menaiki dan mengemudi sapinya, agar si sapi dapat berlari sangat kencang. Pertandingan sapi itu juga ada aturannya, sapi sapi yang berlari memiliki lintasan yang harus dilewati, kemudian Joki Karapan sapi harus tetap mengemudikan sapi-sapi mereka agar tidak keluar dari lintasan hingga ke garis finish. Juri akan menilai dari bagaimana si Joki menunggangi sapi hingga ke garis finish, yang pertama sampai ke garis finish itulah pemenangnya, lintasan lomba Karapan sapi berkisar antara 100 Meter, dan lomba pacuan itu berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit






Sapi kan gak bisa lari? itu lah pertanyaan teman saya, tapi disini sapi-sapi yang akan dilombakan di perlakukan secara Istimewa, sebelum dilombakan sapi di beri makan, eitss bukan makanan sembarangan lho, tapi sapi sapi yang akan bertanding diberi asupan makanan yang mengandung Vitamin tinggi. tak cukup makanan yang bervitamin, namun sapi sapi juga mendapat minuman yang istimewa, biasanya yang di gunakan oleh pemilik sapi adalah minuman golongan jamu jamuan yang berasal dari kunyit kunyitan sehingga badan dan stamina si sapi menjadi kuat dan besar sehingga mampu di pakai dalam perlombaan Karapan Sapi. karena apabila sapi tidak di beri asupan Gizi yang cukup sapi tidak akan mampu berlari dengan kencang, sedangkan yang di lombakan disini adalah adu kecepatan sapi berlari  


Karena perlakuannya yang istimewa sapi sapi yang di perlombakan cenderung memiliki harga yang mahal, harga satu ekor sapi mencapai ratusan juta rupiah. harga yang wow... tapi harga itu sudah sebanding dengan perawatannya.





Kapan di adakan lomba karapan sapi ? Masyarakat madura melaksanakan perlombaan karapan sapi biasanya satu kali dalam setahun. perlombaan itu sabagai rasa syukur masyarakat Madura terhadap hasil panen pertanian mereka selama setahun. karena termasuk langka, ketika perlombaan karapan sapi, banyak orang-orang yang menonton perlombaan itu, tak hanya masyarakat madura namun banyak juga yang datang dari luar kota untuk ikut menikmati pertandingan itu. 


Acara pertandingan Karapan sapi ini dinilai sebagai budaya yang membanggakan karena bagaimana pun itu tetap budaya Indonesia yang sudah paten sehingga negara lain tidak mengakuinya. 


Madura tanpa Karapan Sapi Itu Hampa
Karapan Sapi = Madura

Kapan di adakan Karapan sapi 2012? Tunggu kabar selanjutnya dari madura...

Catatan Ardha

Refrensi dan gambar : Google.com 




Sekedar Info 8471502067996595046

Post a Comment

  1. Karapan sapi udah menjadi icon Madura kan ?

    Kapan yah jadi icon Indonesia. Mengalahkan matador yang di spain :)

    ReplyDelete
  2. Artikel Yang Menarik KAWAN.....

    ReplyDelete
  3. banyak dr ciri khas indonesia, diantaranya KARAPAN SAPI,,,, lanjutkan Mas Bro!!!.... I Love Indonesia.....

    ReplyDelete
  4. @Teguh
    yaps.... no karapan sapi no madura mas ^_^

    @Andra
    Mkasih kawan ^_^

    @aandarco
    Indonesia Gitu lho, beragam suku budaya :D

    ReplyDelete
  5. Hemm...
    Sayangnya saya belum pernah melihat langsung...
    Tapi pengen kesana..
    hehe...
    #CintaIndonesia

    ReplyDelete
  6. @firman thok
    Ayo kita berangkat bareng aja gmana ? :D hahha

    @System of Blog
    Ayo ikutan aja mas :D

    ReplyDelete
  7. silahkan datang mas, gratis kok :D

    ReplyDelete
  8. Jadi kepengin lihat secara langsung sobat..Pastinya rame yah..
    Ini hanya dalam waktu tertentu apa ada acara tertentu diselenggarakannya sobat...?

    ReplyDelete
  9. dilombagakn nie sobat..
    sy support banget supaya menang sobat..
    keep blogging :)

    ReplyDelete
  10. keren mas, semoga tradisi karapan sapi nya tidak hilang. .

    ReplyDelete
  11. @cardiacku
    liat aja sob keren kok lombanya, kalo pnyelenggaraan besar besaran soal waktu tergantung ada even apa, kalo secara sederhana ada acaranya sendiri :)

    @tonnys
    iya, dilombakan sob, Amin, semoga menang ya :D

    ReplyDelete
  12. Kunjungan silaturahmi saudaraku...
    Kita memang harus menjaga tradisi budaya nenek moyang saudaraku...

    ReplyDelete
  13. sekalian hari ini ku klik iklanmu he he he semoga sukses dan menjadi pemenang karena ni artikel menarik....

    ReplyDelete
  14. @abbufarras
    iya, apalagi budaya tradisional udah tergerus jaman

    @Andra
    Wehe.,, makasih banyak banyak mas doanya ^_^

    ReplyDelete
  15. ada lagi tuh karapan kambing, tapi menurut saya masih asik karapan sapi :D

    ReplyDelete
  16. wew, emang ada mas, kok baru tau ya :D

    ReplyDelete
  17. mungkin seru kali ya kalo jadi joki karapan sapi :D

    ReplyDelete
  18. :D keren bro ! jadi kepingin liat karapan sapi nih , wkwkwkwk

    ReplyDelete
  19. berkunjung om...tadi siang belom sempet berkunjung...info yang menarik...

    ReplyDelete
  20. @Semuanya Ada
    ya boleh dicoba mas, asik sih :D

    @Berbagi Informasi
    ayo liat sama sama sob, :D

    @sinner
    Oke, makasih mas sudah menyempatkan di ruma sederhana ini :D

    ReplyDelete
  21. Artikelnya bagus gan :) apalagi karapan sapi saya jarang ngeliatnya hehehe maklum di jakarta jarang ada sapi :) salam dari pos tekno - Deny Kurniawan

    ReplyDelete
  22. kapan karapan sapi dipertandingkan di olimpiade yah, jgn kalah sama berkuda muehehehe :p

    ReplyDelete
  23. sertuju ma agan teguh aprianto,moga karapan sapi bisa jadi ikon Indonesia

    buat ardha sukaes for lombanya

    ReplyDelete
  24. @post Tekno
    hhehhe,,, mulai besok, bikin sob karapan sapi di Jakarta :D

    @Ario Antoko
    Tentu usahakan ntar ada Piala Dunia Karapan Sapi :D

    @District16
    Sipp sudah jadi Icon Indonesia kok, Amin, doain menang ya :D

    ReplyDelete
  25. Mantab sobat... Mampir balik blog ane ya sob...
    Berbagi HACKING, TWEAKING, SOURCE CODE, TIPS N TRICK, SOFTWARE, GAME, dll

    ReplyDelete
  26. Identititas, mungkin itu salah satu bentuk yg tepat untuk menggambarkan karapan sapi dengan Madura. Hal pertama yang diingat orang manakala menengar kata Madura adalah Karapan sapi. Moga ini tetap lestari dan selalu ada regerasi untuk melestarikannya...Happy blogging!

    ReplyDelete
  27. Mbak ardha.. dari madura yach... karapan sapi NTB Sumabawa juga ada mbak.. hehehe salam kenal mbak..

    ReplyDelete
  28. hadeh hadeh, kok mbak sih, saya cowok mas :D

    ReplyDelete
  29. @iskaruji dot com
    Amin, yaps keduanya saling berhubungan :)

    ReplyDelete
  30. wah keren kapan yah saya bisa lomba karapan sapi,, mw dong kalo ada uang berangkat ke madura ah maen maen seru banget tuh kayaknya ^_^

    ReplyDelete
  31. Karapan ayam lebih asik.... Pasti kenceng larinya.... Kwkwkwk.....

    ReplyDelete
  32. Karapan sapi merupakan Tradisi yg perlu dilestarikan karena merupakan salah satu tradisi Indonesia

    ReplyDelete
  33. wah sepertinya sik nih jika bisa menyaksikan langsung kerapan sapi di madura ta'yye...

    ReplyDelete
  34. @HTC
    wah seru banget mas, saya yang ngetik aja langsung jadi pengen :D

    @Fajar
    lha terus Jokinya taruh mana mas ?? :D hhehe

    @Azis
    Yaps... tradisi orisinil indonesia yang tak di rebut negara lain

    ReplyDelete
  35. wah keren ternyata tuh karapan sapi , semoga dengan kontes ini karapan sapi tetap ada.

    ReplyDelete
  36. Amin... selalu menjaga budaya melalui blogging :D

    ReplyDelete
  37. Jalan-Jalan... Maaf baru dateng dari liburan... hehe
    Mampir balik ya sob...
    Berbagi HACKING, TWEAKING, SOURCE CODE, TIPS N TRICK, SOFTWARE, GAME, dll

    ReplyDelete
  38. ardha = karapan kambing
    kambing tanpa ardha , ga bisa dibikin karapan, karena cuma kambing yang bisa nyeret ardha :D , nice inpo gan :D

    ReplyDelete
  39. pasti seru thu bisa nonton langsung sayangnya ane cuman bisa nonton di TV doank

    ReplyDelete
  40. betul gan. ibarat sayur tanpa garam..
    pait.. hehe
    semoga karapan sapi di madura selalu jaya, dan senantiasa selalu lestari..
    ditunggu kunjungan baliknya ya
    happy blogging, :)

    ReplyDelete
  41. Coba kalo aku bisa liat secara langsung :)

    ReplyDelete
  42. ajib kren sob wkwkwk harus di patenin nih tar di claim lagi ma malaysia wkwkwk

    ReplyDelete
  43. @cyber20Surabaya
    wew, maksudnya apa tuh sob

    ReplyDelete
  44. @WahidBlog
    ayoo gan, buruan brangkat ke Madura aja :D

    @Outbond
    pasti lestari kok, :D karapan sapi gitu lho....

    @Musa
    Laksanakan sob, liat aja langsung,,,,

    @bloggcunayz
    udah di patenin, only made in Madura wkwkwk

    ReplyDelete
  45. Bang iji coment neh adek rohmad dari computer4rt..
    Btw tu sapinya tangguh begete :P

    ReplyDelete
  46. salam blogwalking gan
    http://diditserva.blogspot.com/2011/12/22-des-pengorbanan-seorang-ibu.html

    hehehehe

    ReplyDelete
  47. jadi pengen liat nih secara langsung..
    cukup jauh ya..hmm.harus nabung dulu..

    ReplyDelete
  48. wah Wah jadi kepengin naik sapi ..

    ReplyDelete
  49. Ayo lhow berangkat bareng...
    kita liat sama"..
    hhhehe...

    ReplyDelete
  50. @rochmad
    yaiyalah, sapi madura gitu lho :D

    @anno
    wah... buruan gan, emang asalnya mana ? :D

    @Bima
    monggo kalao mau, sapi mana aja bisa kok, tapi beda rasa pastinya

    @kang Musa
    wah... visitor langganan ternyata ^_^ bentar lg update kok

    @Firman
    Ayo lho Berangkat!!!!!!!

    ReplyDelete
  51. absen malam aja dulu gan, happy blogging masbro ane ada yg baru dtng ya

    ReplyDelete
  52. Karapan sapi adalah suatu budaya.

    salah sat cara melestarikan budaya adalah melombakannya. Baik dalm bentuk di dunia maya maupun nyata.

    SElamat berlomba kang.

    ReplyDelete
  53. DATANG TETAP SUPPORT DISINI, OPTIMIS MENANG GAN :)

    ReplyDelete
  54. dateng lagi ni sob nunggu yang baru dari sobat

    ReplyDelete
  55. ane belum pernah liat itu.. tetapi udah liat fotonya aja udah cukup.. :)

    ReplyDelete
  56. mungkn ini termaksud budaya sana yagh

    ReplyDelete
  57. @Dokunimus
    yakk bner banget, dengan melombakannya sama aja kayak melestarikannya

    @Tonnys
    Wah... makasih supportnya gan :)

    @awelqq
    wah..sayang banget, padahal ke madura kan biayanya gak mahal :D

    @Mharjipes.com
    budaya sana mana mas? budaya madura ini :)

    ReplyDelete
  58. Benar mas, madura tanpa karapan sapi kayaknya gmn gitu. sudah jadi ikon madura keknya..

    ReplyDelete
  59. Iya mas, without karapan sapi madura gak lengkap :D

    ReplyDelete
  60. ahahha, seru tuh karapan sapi,, ane sering nonton di TV,, ^^

    ReplyDelete
  61. ayo sob liat bareng :D tapi ntar nunggu kalkulus ane dapet B dulu yak ! wkwkwkwk kalkulus ane ajor sob haha

    ReplyDelete
  62. @rama88
    hahha... lebih mantab lagi kalau nnonton langsung :D

    @Berbagi Informasi
    Mukjizat kalo dapet segitu wkwkwk

    ReplyDelete
  63. Keren postingannya sobat
    Asli madura ya sobat??
    Teman- teman kuliah saya banyak banget orang maduranya..
    Kalau pulang teman- teman dari jember dan daerah lain mesti titip kacang otok
    lezet tuh sobat ^^

    ReplyDelete
  64. Wah bukan kakak,
    kalau punya teman yang baik baik, saya mau dong dikenalin :) hhehe

    ReplyDelete
  65. Semoga karapan sapi bisa mendunia gan

    ReplyDelete

Bekomentarlah dengan baik, penulis akan menghapus komentar jika
1. Menyantumkan Link di dalam kotak komentar
2. Tidak sesuai Isi
3. SPAMMING

emo-but-icon

Home item